JudulMENINGKATKAN MENULIS PARAGRAF NARATIF SISWA KELAS IX DI SMPN 4 SINDUE MELALUI VIDEO |
Nama: LUSIANA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan kemampuan siswa dalam menulis paragraph naratif dapat ditingkatkan melalui video atau tidak. Desain penelitian experimen semu digunakan dengan melibatkan dua group; group experimen dan group kontrol. 19 siswa dikelas IX B sebagai group experiment dan 12 siswa dikelas IX A sebagai kontrol group, diseleksi melalui teknik purpisive sampling. Instrument pengumpulan data adalah tes yang diberikan sebagai tes awal dan tes akhir. Tes awal digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis naratif paragraf sebelum treatmen, dan tes akhir digunakan untuk mengukur kemampuan mereka dalam menulis paragraf naratif sesudah treatmen. Hasil dari data menunjukkan bahwa nilai tobserved(2.95) lebih tinggi daripada nilai ttable (1.699). Itu membuktikan bahwa hipotesis penelitian itu diterima. Kesimpulannya, video dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis naratif paragraf dikelas IX SMPN 4 Sindue. Kata kunci:Mengembangkan,Menulis, Paragraf Naratif, Video |