JudulMeningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Tinombo Dengan Menggunakan Permainan Mencocokan Pasangan Kartu |
Nama: NURFITRI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nurfitri. 2019. “Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Tinombo dengan Menggunakan Permainan mencocokan pasangan kartu” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah pengawasan Ferry Rita dan Anjar Kusuma Dewi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penerapan permainan mencocokan pasangan kartu dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas tujuh di SMP Negeri 2 Tinombo atau tidak. Peneliti ini menerapkan desain penelitian eksperimen semu yang utamanya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dimana VII A adalah kelas eksperimen yang terdiri dari 23 siswa dan VII C adalah kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa. Instrumen penelitian adalah tes: pretest dan posttest yang diberikan untuk kedua kelas. Data dianalisis secara statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen dalam pre-test dan post-test adalah masing-masing 48.91 dan 65.43. Sementara itu, skor rata-rata dari kelas kontrol dalam pretest dan posttest adalah 50 dan 51.25 masing-masing. Dengan menerapkan rumus uji-t, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung (3.22) lebih besar dari nilai t-tabel (2.01). Ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penerapan permainan mencocokan pasangan kartu dapat meningkatkan kosa kata siswa di SMP Negeri 2 Tinombo. Kata kunci: Penguasaan kosakata siswa, permainan Mencocokan Pasangan Kartu. |