JudulMengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 15 Palu Menggunakan Teknik Kerja Kelompok |
Nama: DIAN OLIVIA PASARIBU |
Tahun: 2019 |
Abstrak Dian Olivia Pasaribu (2019). Skripsi ini berjudul “Meningkatkan Pemahaman Membaca melalui Teknik Kerja Kelompok Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah pengawasan Sudarkam R Mertosono. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa teknik kerja kelompok efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks naratif. Populasi adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Palu. Peneliti menggunakan desain eksperimen semu. Sampel penelitian adalah VIII E sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 25 siswa dan VIII H sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 25 siswa. Tes diberikan dua kali: pre-test dan post-test. Data dianalisis secara statis untuk mengetahui prestasi siswa yang signifikan. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan Menerapkan Teknik Kerja Kelompok, sedangkan kelompok kontrol diajarkan tanpa teknik. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes yang diberikan sebagai pre-test dan post-test. Hasil tes menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 79,04 dari 55,84 pada pretest, dan kelompok kontrol adalah 67,04 dari 56,32 pada pretest. Skor ini menunjukkan, bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelompok kontrol pada post-test. Dengan menerapkan uji satu sisi pada tingkat signifikansi 0,05 dengan kebebasan 48 derajat (df), ditemukan bahwa nilai t-hitung (5,33) lebih besar dari t-tabel (1,677). Ini menegaskan bahwa hipotesis penelitian diterima. Singkatnya, Kerja Kelompok Technique efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Palu. Kata Kunci: Pemahaman Membaca, Teknik Kerja Kelompok, dan Peningkatan |