Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Metode Presentasi, Praktek Dan Produksi (3P) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 4 Palu
Nama: UTARI AYU LESTARI RUSLAN
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Utari Ayu Lestari Ruslan (A 121 15 154). Penggunaan Metode Presentasi, Praktek dan Produksi (3P) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 4 Palu. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, di bawah bimbingan Konder Manurung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode presentasi, praktek dan produksi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas delapan SMP Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yang melibatkan dua kelas siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel dipilih dengan teknik pur-posive sampling. Sampel adalah siswa kelas VIII Apel sebagai kelas eksperimen dan VIII Jeruk sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes yang diberikan kepada sampel sebagai prates dan pascates dalam bentuk tes lisan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata pascates pada kelompok eksperimen (79,17) lebih tinggi daripada skor rata-rata pascates pada kelompok kontrol (61,46). Dengan menerapkan 46 derajat kebenaran (df) dan tingkat signifikansi 0,05, ini menunjukkan bahwa nilai hitung t (6,86) lebih tinggi dari pada nilai tabel t (2,01). Lebih lanjut, ini menjelaskan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulannya, temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan secara efektif dan signifikan dengan menggunakan metode presentasi, praktik, dan produksi. Kata kunci: Berbicara, Meningkatkan, Metode Presentasi, Praktek dan Produksi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up