Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 1 SINDUE MELALUI TEKNIK ROUNDTABLE
Nama: AULIA ANDINI
Tahun: 2019
Abstrak
Aulia Andini 2019. Mengembangkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Delapan di SMP Negeri 1 Sindue melalui Teknik Meja Bundar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan: Abdul Kamaruddin. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah penggunaan teknik Meja Bundar dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Sindue dalam menulis teks deskriptif. Peneliti menggunakan desain kuasi ekperimental di mana terdapat dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini dipilih melalui teknik pengambilan sampel purposif dimana VIII Sudirman dipilih sebagai kelompok eksperimen dan VIII Ki Hajar Dewantara sebagai kelompok kontrol. Instrumen dari penelitian ini adalah pretest dan posttest. Pretest digunakan untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan posttest digunakan untuk mengukur perkembangan kemampuan menulis siswa setelah diberi perlakuan. T-test digunakan untuk menganalisa perbedaan yang signifikan dari kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimen pada posttest(79.49) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol (55.69). Kemudian, merujuk pada nilai t-tabel dari df 47 dengan mengaplikasikan level signifikansi 0.05, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung (2.15) lebih tinggi dari nilai t-tabel (1.678). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima; dimana penggunaan teknik Meja Bundar dapat mengembangkan keterampilan menulis siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Sindue dalam menulis teks deskriptif. Kata kunci: Mengembangkan, Keterampilan Menulis, Teknik Meja Bundar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up