JudulMENINGKATKAN SKILL BERBICARA SISWA KELAS 10 DI SMA MODEL TERPADU MADANI PALU MENGGUNAKAN TEHNIK TEMAN SEJAWAD. |
Nama: Moh Tarmizi |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan teknik tutuor teman sejawat efektif atau tidak dalam meningkatkan keterampilan berbicara kelas X di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dimana sampel terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil dari pretest dan posttest. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0.05 dan 49 derajat kebebasan (df), diketahui bahwa nilai t-hitung adalah 4.73 dan t-tabel adalah 2.008. Nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel, yang berarti bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penggunaan teknik tutor teman sejawat dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sepuluh di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Kata kunci: Teknik Tutor Sebaya, Menulis, Meningkatkan, Keterampilan Berbicara. |