Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas Sepuluh Di SMK Negeri 1 Banawa Melalui Strategi Sortir Kata
Nama: AINUN
Tahun: 2019
Abstrak
Ainun. 2019. Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas Sepuluh di SMK Negeri 1 Banawa melalui Strategi Sortir Kata. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Dibawwah bimbingan: Nadrun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi sortir kata eektif atau tidak untuk meningkatkan pengetahuan kosa kata siswa. Penelitian ini difokuskan pada penguasaan kosa kata melalui prosedur strategi sortir kata. Kelas kata yang ditampilkan adalah kata benda dan kata kerja. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Populasinya adalah semua siswa kelas sepuluh di SMK Negeri Banawa. Sampel yang dipilih yaitu kelas X TKJ 1 yang terdiri dari 28 siswa dan kelas X AKL 2 yang terdiri dari 27 siswa. Data dianalisa dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil dari data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara post-test di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata post-test (78.42) di kelompok eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata post-test (53.8) di kelompok kontrol. Dari t-test, peneliti menemukan bahwa nilai t-counted (3.87) lebih tinggi dari nilai t-table (1.674) pada taraf signifikansi (?) 0.05 dengan derajat kebebasan (db) 53. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa penggunaan strategi sortir kata dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas sepuluh di SMK Negeri 1 Banawa. Kata kunci: meningkatkan, strategi sortir kata, kosa kata

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up