Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MENDENGAR SISWA KELAS X DI MA NURUL FALAH PALU DENGAN MENERAPKAN TEHNIK GAME BERBISIK
Nama: SILVANA YUNITA
Tahun: 2019
Abstrak
Silvana Yunita (A 121 15 125). Meningkatkan Pemahaman Mendengarkan Siswa Kelas X MA Nurul Falah Palu dengan Menerapkan Teknik Permainan Berbisik. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Di bawah Bimbingan Sudarkam Mertosono. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah menerapkan teknik permainan berbisik atau dapat meningkatkan pemahaman menyimak siswa kelas X di MA Nurul Falah Palu atau tidak. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimental semu yang melibatkan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan peneliti mengambil dua kelas kelompok dari satu kelas: kelas kelompok apel dan kelas kelompok anggur. Masing-masing mewakili kelompok eksperimen dan kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Tes dibagi menjadi dua macam yaitu pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata siswa dari kelompok eksperimen pada pra-tes adalah 62,9 dan kelompok kontrol adalah 66,44. Sementara itu, nilai rata-rata siswa dari kelompok eksperimen pada post-test adalah 76,7 dan kelompok kontrol adalah 73,56. Menerapkan tingkat signifikansi 0,05 dan tingkat kebebasan (df) 36, ditemukan bahwa thitung 0,97 lebih rendah dari ttabel 1,698. Kesimpulannya, penerapan teknik permainan berbisik tidak efektif untuk meningkatkan pemahaman menyimak siswa pada tingkat X siswa di MA Nurul Falah Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up