JudulKOMBINASI SKIT DENGAN PELACAKAN PEMIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DI SMAN 1 PALU |
Nama: LUZ CLARITA DEBORA SIDALING |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Luz Clarita Debora Sidaling (A 121 15 120). Menggabungkan Skit dengan Strategi Pelacakan Pemikiran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Palu. Jurusan Bahasa dan Seni, Pendidikan Bahasa Inggris, Dibawah bimbingan Aminah Suriaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan Menggabungkan Skit dengan Strategi Pelacakan Pemikiran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Palu. Peneliti menerapkan penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 8 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen pengumpulan data adalah tes yang dibagi menjadi pre-test dan post-test. Pengumpulan data dianalisis secara statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Ini menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari (1757,9) menjadi (2774,4), dan skor rata-rata kelas kontrol meningkat dari (2374,9) menjadi (2690,5). Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung adalah (15.10). Dengan menerapkan derajat kebebasan (df) (62) dan (0,05.) Tingkat signifikansi, peneliti menemukan bahwa nilai t-tabel adalah (1,670) yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung (15,10) lebih tinggi daripada nilai t-tabel (1,670). Ini berarti hipotesis diterima. Dengan kata lain, Menggabungkan Skit dengan Strategi Pelacakan Pemikiran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas sebelas SMA Negeri 1 Palu. Kata Kunci: Skit dengan Pelacakan Pemikiran, Keterampilan Berbicara |