JudulPENGGUNAAN ELICITATION TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 6 PALU |
Nama: NADIYAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nadiyah (2019).“Penggunaan Elicitation teknik untuk meningkatakan kemampuan berbicara Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 6 Palu.” Skripsi. Program Studi Bahasa Inggris. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Hasan Basri Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Elicitation dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas delapan SMP Negeri 6 Palu. Penelitian ini menggunankan penelitian quasi-eksperimental dengan 42 siswa sebagai sampel. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data adalah tes (pre-test dan post-test). Pre-test diberikan pada 25 dan 27 Maret 2019 dan post-test dilakukan pada 9 Mei 2019. Hasil tes menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Skor rata-rata dari hasil tes kelompok eksperimen menunjukkan dari 35,42 hingga 70,00. Sementara itu, skor rata-rata kelompok kontrol menunjukkan 39,39 hingga 55,68. Data dianalisis secara statistik. Peneliti menerapkan tingkat signifikansi 0,05 dan kebebasan 40 derajat (df) untuk mengetahui nilai t-hitung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai t-hitung (4,08) lebih tinggi dari nilai t-tabel adalah (1,684). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Elisitasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas delapan SMP Negeri 6 Palu. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Teknik Elisitasi |