Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENERAPKAN FILM BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN GRADE SEPULUH MAHASISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU
Nama: MASNI
Tahun: 2019
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah film berbahasa Inggris yang diterapkan dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas sepuluh di SMK Muhammadiyah 1 Palu atau tidak. Itu karena masalah yang dihadapi oleh siswa dalam keterampilan menyimak ini sangat sulit bagi mereka untuk memahami apa yang dikatakan pembicara, terutama penutur asli dan juga kurangnya kosa kata. Oleh karena itu, peneliti menggunakan film berbahasa Inggris sebagai media yang dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa dalam proses belajar mengajar. Peneliti menggunakan desain quasi eksperimen. Peneliti memilih sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa X TKJ B sebagai kelas eksperimen dan X TKJ A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diperlakukan dengan menerapkan film bahasa Inggris sedangkan kelas kontrol tidak. Data dikumpulkan dengan memberikan pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang terkumpul dianalisa secara statistik. Itu terbukti bahwa data yang didapatkan menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 65.68 menjadi 85.45, dan skor rata-rata kelas kontrol meningkat dari 74.25 menjadi 82.5. Dengan menerapkan derajat kebebasan (df) yaitu 40 dan tingkat signifikansi 0.05. Peneliti menemukan bahwa t-counted (3.49) lebih besar dari nilai t-tabel (1.68). Ini berarti hipotesis diterima. Kesimpulannya, penerapan film berbahasa Inggris efektif untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas sepuluh di SMK Muhammadiyah 1 Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up