Judul Mengembangkan Kemampuan Menulis Pada Siawa Kelas Sepuluh Di SMAN 1 Palasa Melalui Pengajaran Berbasis Tema. |
Nama: MONIKA GABRIELA KARTIKA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Monika Gabriela Kartika (A12115098). Mengembangkan Kemampuan Menulis Pada Siawa Kelas Sepuluh di SMAN 1 Palasa Melalui Pengajaran Berbasis Tema. Sebuah skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tadulako. Dibawab Bimbingan Ferry Rita. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah menerapkan Theme-Based Teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Palasa dalam menulis deskriptif paragraf. Peneliti menerapkan metode penelitian semu yang melibatkan kelas eksperimen (X Ipa 1) dan kelas kontrol (X Ipa 3). Kedua sampel tersebut dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Disamping itu, perlakuan (Theme-Based Teaching) di berikan untuk kelas eksperimen, tetapi kelas kontrol tidak diberikan. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa terdapat peningkatan antara hasil prates dan pascates. Nilai rata-rata kelas eksperimen meningkat dari 61.85 menjadi 76.46 dan kelas kontrol meningkat dari 57.70 menjadi 63.29. Hal tersebut juga menunjukan bahwa nilai hitung t (2.738) lebih tinggi dibandingkan nilai table t (1.6796) yang mengindikasikan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian, menerapkan Theme-Based Teaching dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 1 Palasa. Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Tema;Menulis Paragraf Deskriptif |