JudulKEEFEKTIFAN STRATEGI FIX-UP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS SEPULUH PADA SMA NEGERI 3 SIGI |
Nama: Usna Nur Mu'min |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi fix-up dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMA Negeri 3 Sigi. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimental semu. Sampel dari 85 siswa dipilih menggunakan teknik sampling cluster yang berasal dari kelas X IPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas IPA 1 sebagai kelompok kontrol. Peneliti melakukan pretest dan posttest dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dari kelompok eksperimen meningkat dari 40.41 pada pretest menjadi 64.24 pada posttest. Sedangkan, nilai rata-rata siswa dari kelompok kontrol meningkat dari 45.03 pada pretest menjadi 49.89 pada posttest. Dengan menggunakan tingkat signifikansi 0.05 dengan 83 derajat kebebasan, ditemukan bahwa nilai t-hitung (6.22) lebih tinggi dari nilai t-tabel (1.663). Ini berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penggunaan strategi fix-up efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 3 Sigi. |