JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI BOARD GAME SISWA KELAS 8 SMP NEGERI 9 PALU |
Nama: Andi Khaerunnisa |
Tahun: 2019 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penggunaan Board Game Technique dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 8 di SMP Negeri 9 Palu. Metode penelitian ini adalah desain penelitian eksperimen semu yang melibatkan dua kelas siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel adalah siswa VIII F sebagai kelompok eksperimen dan VIII I sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan pretest dan posttes secara lisan. Pretest diberikan untuk mengukur kemampuan berbicara siswa sebelum perlakuan, sedangkan posttest diberikan untuk mengukur kemampuan berbicara siswa setelah perlakuan. Hasil pretest menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen adalah (62.5), sedangkan kelompok kontrol adalah (63.46). Skor meningkat pada posttest (89.42) untuk kelompok eksperimen dan (71.63) untuk kelompok kontrol. Selanjutnya, hasil analisis data menunjukkan bahwa t-hitung (4.64) lebih besar dari t-tabel (1,9895). Ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, penerapan teknik Board Game memiliki efek positif pada kemampuan berbicara siswa kelas delapan di SMP Negeri 9 Palu. |