JudulMeningkatkan Kemampuan Menulis Dari Siswa Kelas Delapan Di SMP Negeri 5 Model Palu Menggunakan Error Analisis |
Nama: MOH.RIFALDI |
Tahun: 2020 |
Abstrak MOH. RIFALDI (A 121 15 066). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 5 MODEL PALU MENGGUNAKAN TEKNIK ANALISA KESALAHAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dibawah bimbingan Abd. Kamaruddin. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah teknik analisa kesalahan efektif atau tidak dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa pada kelas delapan di SMP Negeri 5 Model Palu. Metode dalam penelitian ini menggunakan quasi experimental design yang melibatkan 2 kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampelnya adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol. Instrumen dari penelitian ini adalah test. Test diberikan kepada siswa pada pre- test dan post-test dalam bentuk test menulis. Hasil dari data yang dianalisa menunjukkan bahwa ada perbedaan yang tidak signifikan pada hasil dari pre-test dan hasil post-test. Rata-rata nilai dari hasil test pada kelompok experimen meningkat secara tidak signifikan dari 52.96 ke 60.68. Sementara itu, rata-rata nilai test pada kelompok kontrol mengalami sedikit peningkatan dari 54.07 ke 60.35. Berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test tersebut, telah ditemukan nilai dari t-counted adalah 0.383. Dengan mengaplikasikan T-Distribution Table 40 dan pada tingkatan 0.05, ditemukan bahwa t-table adalah 2.024. Ini membuktikan bahwa t-counted (0.38) lebih rendah dari pada t-table (2.024). Lebih lanjutnya, ini membuktikan bahwa hipotesisnya telah ditolak. Oleh karena itu, teknik analisa kesalahan tidak efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelompok delapan di SMP Negeri 5 Model Palu Kata kunci: Keterampilan Menulis, Meningkatkan, Teknik Analisa Kesalahan. |