Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 25 SIGI
Nama: MELISA PARLIANA
Tahun: 2019
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah menggunakan metode diskusi kelompok kecil dapa tmeningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 25 Sigi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experiment. Peneliti menerapkan pretest dan posttest yang melibatkan dua kelompok; kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Sigi yang terdiri dari 60 siswa. Peneliti mengambil 40 siswa sebagai sampel penelitian ini dengan 20 siswa VIII C sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa VIII A sebagai kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest siswa dan posttest di kelompok eksperimen dan kontrol. Ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa dari kelompok eksperimen adalah 32,28 dan nilai rata-rata posttest siswa adalah 88,85. Sementara itu, nilai rata-rata pretest siswa dari kelompok control adalah 33,42 dan nilai rata-rata posttest siswa adalah 48,56. Selain itu, hasil perhitungan menunjukkan bahwa t-value(11,97) lebih tinggi dari pada t-table(2,032). Artinya hipotesis penelitian ini diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 25 Sigi. Kata kunci: meningkatkan, Diskusi Kelompok Kecil, Pemahaman Membaca.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up