JudulAnalisis Kesalahan Tata Bahasa Dalam Paragraf Yang Ditulis Oleh Siswa Kelas 10 SMA Negeri 5 Palu |
Nama: DWI RISKA IMBANI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Dwi Riska Imbani (A 121 15 055). “Error Analysis of Grammar in Paragraphs Written by the Tenth Grade Students of SMA Negeri 5 Palu”. Skripsi, English Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty, under the supervision of Sriati Usman This study aims to find out what errors are made by the students in writing descriptive text at the Tenth Grade Students of SMA Negeri 5 Palu. The error category in this research is based on Surface Strategy Taxonomy divided into four categories. They are omission, addition, misformation and misordering. This research was descriptive qualitative research design. The research subjects were consist of 17 students. The instrument used to collect the data was writing test. The technique of data analysis used the identification of error as proposed by Dulay. The researcher is analyzing students writing test and classifying the error of the students made. The total of errors committed by the students compared to the correct ones in writing descriptive text is 453 words of 1.870 words. The dominant errors of this research is that error of omission with 254 words. The implication of this study for English teacher is supposed to look more closely at aspects of how to improve the learning to overcome mistakes made by students. Keyword : Descriptive Text, Error Analysis, Surface Strategy Taxonomy Dwi Riska Imbani (A 121 15 055). “Analisis Kesalahan Tata Bahasa dalam Paragraf yang ditulis oleh Siswa Kelas 10 SMA Negeri 5 Palu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di bawah bimbingan Sriati Usman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas 10 SMA Negeri 5 Palu dalam menulis text deskriptif. Kategori kesalahan dalam penelitian ini terbagi menjadi empat kategori; yaitu: penghilangan, penambahan, kesalahan formasi, dan kesalahan penataan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif . Subyek penelitian terdiri dari 17 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis. Teknik analisis data menggunakan identifikasi kesalahan sebagaimana yang diusulkan oleh Dulay. Peneliti menganalisa tulisan siswa dan mengklasifikasikan kesalahan yang dibuat oleh siswa. Jumlah total kesalahan yang dilakukan oleh siswa dibandingkan dengan yang benar dalam menulis descriptive text adalah 453 kata dari 1.870 kata. Kesalahan dominan dalam penelitian ini adalah kesalahan penghilangan sebanyak 254 kata. Implikasi penelitian ini untuk guru bahasa Inggris, bertujuan agar guru lebih memperhatikan aspek – aspek dalam pembejaran untuk mengurangi kesalahan – kesalahan yang dibuat oleh siswa. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Taksonomi Siasat Permukaan, Teks Deskriptif |