Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENGGUNAKAN TEKNIK PENILAIAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS SEPULUH DI SMA NEGERI 1 SIGI
Nama: Ririn Aswita
Tahun: 2019
Abstrak
Ririn Aswita ( A 121 15 053). Skripsi ini berjudul “Menggunakan Teknik Penilaian Portfolio untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas sepuluh di SMA NEGERI 1 SIGI.” dibawah bimbingan Sriati Usman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik Portfolio Assessment dapat meningkatkan ketrampilan menulis siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sigi. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah 24 siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen, dan 26 siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol. dipilih menggunakan teknik sampling purposive. Instrument pengumpulan data adalah tes tertulis yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Pretest diberikan untuk mengukur ketrampilan menulis siswa sebelum perlakuan. Posttest diberikan untuk mengukur ketrampilan menulis siswa setelah perlakuan. Nilai rata-rata kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dari 31.94 ke 75.90. Sementara, nilai rata-rata kelompok kontrol meningkat dari 32.49 ke 49.0. Hasil dari pretest dan posttest di analisis secara statistik dengan menggunakan t-test formula. Hasil dari analisis data menunjukkan nilai dari tcounted adalah 5.93. Dengan menggunakan derajat kebebasan (df) 48 dan 0.05 tingkat signifikansi, ditemukan bahwa nilai dari ttable adalah 2.01. Ini berarti nilai tcounted lebih tinggi dari nilai ttable. Dengan kata lain, penggunaan teknik Portfolio Assessment dapat meningkatkan ketrampilan menulis siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sigi. Kata kunci: portfolio assessment, meningkatkan, ketrampilan menulis.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up