JudulMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X SMAN 1 PARIGI TENGAH MELALUI TEKNIK BERMAIN PERAN |
Nama: SYARIFAH MAGFIRAH. M |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bahwa penggunaan teknik bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X SMAN 1 Parigi Tengah. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental dengan rancangan non-equivalen kelompok kontrol. Populasi sebanyak 40 siswa tahun ajaran 2021/2022. Metode kertas dan pensil digunakan pada saat pengumpulan data dengan menggunakan tes sebagai istrumen. Tes diberikan sebanyak dua kali, yaitu tes awal dan tes akhir. Data di analisa secara statistik menggunakan .05 level of significance dan 38 degree of freedom. Ditemukan bahwa nilai rata-rata tes akhir dari kemampuan siswa kelompok eksperimen adalah 84.37 lebih besar dari kelompok kontrol, 76.88. Hasil perbandingan melalui uji-t menggambarkan nilai t-hitung = 3.69 > nilai t-table = 1.686. Sehingga, Ha di terima dan H0 di tolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X SMAN 1 Parigi Tengah. Kata Kunci: Teknik Bermain Peran, Meningkatkan, Keterampilan Berbicara |