JudulPenerapkan Strategy Afiksasi Untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas Sepuluh Di SMA Negeri 5 Model Palu |
Nama: Evi Nurvita |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi afiksasi bisa mengembangkan penguasaan kosakata siswa kelas sepuluh SMA Negeri 5 Model Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental semu. Sampel dari 56 siswa dipilih menggunakan teknik sampling purposive dan menetapkan kelas X MIPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan test. Data dianalisis dengan menggunakan rumus t-test untuk melihat perbedaan antara pencapaian siswa pada pre-test dan post-test. Hasil analisis dari data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dari kelompok eksperimen meningkat dari 50.34 pada pre-test menjadi 84.23 pada post-test sementara nilai rata-rata siswa dari kelompok kontrol meningkat dari 46.55 pada pre-test menjadi 65.52 pada post-test. Ini berarti nilai rata-rata siswa dari kelompok eksperimen pada post-test lebih besar dari pada nilai rata-rata siswa dari kelompok kontrol pada post-test. Penelitian ini menggunakan 0.05 tingkat signifikansi untuk mengetahui nilai t-table dengan 54 derajat kebebasan (df). Ditemukan bahwa nilai t-hitung (3.74) lebih besar dari nilai t-tabel (2.006). Ini berarti hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penerapan strategi afiksasi memiliki efek terhadap pembelajaran penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 5 Model Palu. Kata kunci: Strategi afiksasi, mengembangkan, penguasaan kosakata bahasa Inggris |