JudulMenerapkan Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) Untuk Mengembangkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Dua Di SMPN 5 Dampelas. |
Nama: Ida Ayu Putu Ratih P |
Tahun: 2019 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) efektif atau tidak dalammengembangkan penguasaan kosakata siswa kelas dua di SMPN 5 Dampelas. Metode penelitian ini adalah desain penelitian pra-eksperimental dengan satu kelompok pre-test post-test saja. Karena sampel penelitian hanya satu kelas, peneliti menerapkan teknik total sampling. Jumlah siswa adalah 32 orang. Instrumen pengumpulan data adalah tes yang diberikan dua kali disebut pre-test dan post-test. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi siswa pada pre-test dan post-test. Nilai rata-rata siswa pada tes awal meningkat dari 55,94 menjadi 76,56 pada post-tes. Dengan menerapkan tingkat signifikan 0,05 dengan 31 derajat kebebasan, ditemukan bahwa nilai t-hitung (12,21) lebih besar dari nilai t-tabel (1,696). Ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, penerapan Vocabulary Self-Collection Strategy (VSS) efektif untuk mengembangkan kosa kata siswa kelas dua di SMPN 5 Dampelas. Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Strategi Pengumpulan Diri Kosakata (VSS) |