JudulPenerapan Teknik Penyuntingan Rekan Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 18 Palu |
Nama: Devi Damayanti |
Tahun: 2019 |
Abstrak Devi Damayanti (A 121 15 041). Penerapan Teknik Penyuntingan Rekan untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 18 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Mochtar Marhum dan Budi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik penyuntingan rekan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan di SMP Negeri 18 Palu. Peneliti menerapkan desain eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampel cluster. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah prates dan pascates. Prates digunakan untuk mengukur pengetahuan siswa sementara pascates digunakan untuk mengukur perkembangan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima perlakuan. tes-t di analisa untuk membandingkan nilai rata-rata antara kedua grup. Ada perbedaan skor yang signifikan antara grup eksperimen (82.66) dan grup kontrol (62.80). Tingkat signifikan 0.05 dengan derajat kebebasan 59 (df= 30+31-2=59). Hasil analisa data menunjukan bahwa t-hitung (7.42) lebih tinggi daripada t-tabel (2.001).Hal itu berarti bahwa hipotesa diterima. Dengan demikian, penerapan teknik penyuntingan rekan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menulis teks naratif. Kata kunci: Penerapan; Teknik Penyuntingan Rekan; Meningkatkan; Menulis; Teks Naratif. |