JudulPENGAJARAN MEKANIK KEPADA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 9 PALU MELALUI PENULISAN TERKONTROL |
Nama: Yunita Reta B |
Tahun: 2019 |
Abstrak Yunita Reta Baweleng (A 121 15038). Pengajaran Mekanik kepada Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 9 Palu melalui Penulisan Terkontrol. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dibawah bimbingan Mochtar Marhum dan Abdul Waris. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengajaran mekanik kepada siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Palu melalui penulisan terkontrol. Peneliti menerapkan desain penelitian kuasi eksperimental dan menggunakan teknik sampel purposive untuk memilih sampel. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretes dan postes. Pretes digunakan untuk mengukur pengetahuan awal siswa sementara posttes digunakan untuk mengukur perkembangan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima treatment. T-tes di analisa untuk membandingkan nilai rata-rata antara kedua grup. Ada sebuah perbedaan skor pada posttes yang signifikan antara grup eksperimen (75.59) dan grup kontrol (54.14). Tingkat signifikan 0.05 dengan derajat kebebasan 58 (df= 31+29-2=58). Hasil analisis data menunjukan bahwa t-hitung (8.10) lebih tinggi dari t-tabel (2.0017). Itu berarti bahwa hipotesa diterima. Dengan demikian, menerapkan controlled writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam mekanik penulisan. Kata kunci: Pengajaran; Mekanik penulisan; Penulisan terkontrol. |