JudulMENINGKATKAN KOSAKATA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 10 SIGI MELALUI PERMAINAN PAPAN |
Nama: MOH. AYIED |
Tahun: 2019 |
Abstrak Moh. Ayied (A 121 15 034). Meningkatkan Kosakata Siswa Kelas VII di SMP Negeri 10 Sigi Melalui Permainan Papan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Mawardin M. Said. Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan permainan papan untuk meningkatkan kosakata siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Sigi. Peneliti menerapkan desain eksperimen semu yang melibatkan dua kelas siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah prates dan pascates. Prates digunakan untuk mengukur pengetahuan siswa sementara pascates digunakan untuk mengukur perkembangan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima perlakuan. Tes-t di analisa untuk membandingkan nilai rata-rata antara kedua kelas. Ada perbedaan skor yang signifikan antara kelas eksperimen (2100) dan kelas kontrol (1470). Tingkat signifikan 0.05 dengan derajat kebebasan 54 (df= 29+27-2=54). Hasil analisa data menunjukan bahwa t-hitung (4.97) lebih tinggi daripada t-tabel (2.005).Hal itu berarti bahwa hipotesa diterima. Dengan demikian, penggunaan permainan papan dapat meningkatkan kosa kata siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Sigi. Kata kunci: Meningkatkan; Kosakata; Permainan Papan. |