JudulPENGGUNAAN TEKNIK AUTOBIOGRAFI AWAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS DELAPAN SMP NEGERI 18 PALU |
Nama: Mutmaina |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Mutmaina (A 121 15 033). Menggunakan Teknik Autobiografi Awal untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Menulis Paragraf Deskriptif di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Departemen Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Nadrun dan Shalehuddin. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan kegunaan teknik autobiografi awal untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis paragraf deskriptif di kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Peneliti menerapkan desain quasi experimental research dan menggunakan tekhnik sampel purposive. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretes dan postes. Pretes digunakan untuk mengukur pengetahuan awal siswa sementara postes digunakan untuk mengukur perkembangan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima treatment. Ada perbedaan skor yang signifikan antara grup eksperimen (74.44) dan grup kontrol (52.49). Tingkat signifikan 0.05 dengan derajat kebebasan 57 (df= 30+29-2=57). Hasil analisa data menunjukan bahwa t-hitung (4.32) lebih tinggi daripada t-tabel (2.0025). Hal itu berarti bahwa hipotesa diterima. Dengan demikian, menggunakan teknik autobiografi awal dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam menulis. Kata kunci: Menggunakan; Teknik Autobiografi Awal; Meningkatkan; Menulis; paragraf deskriptif . . |