Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenggunaan Teknik Tunjukan Dan Ceritakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Sebelas Di SMK Negeri 1 Mepanga
Nama: Reli Safitri
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik tujukkan dan ceritakan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Mepanga. Peneliti menerapkan desain eksperimen semu. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total. Sampel terdiri dari 60 siswa yang kemudian dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Para siswa kelompok eksperimen diajar menggunakan teknik tunjukkan dan ceritakan, sedangkan kelompok kontrol sendiri diajar menggunakan teknik yang biasa diterapkan oleh guru. Data prestasi siswa dalam berbicara dikumpulkan melalui prates dan pascates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara siswa antara prates dan pascates pada kelompok eksperimen setelah perlakuan. Nilai rata-rata kelompok eksperimen meningkat dari 40,41 dalam prates menjadi 64,16 dalam pascates. Hasil analisis statistik prates dan pascates dengan menerapkan rumus uji-t, penerapan tingkat signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan (df) 58, diketahui bahwa nilai t-hitung adalah 6,58 dan t-tabel adalah 2.02. Nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Ini menyiratkan bahwa penggunaan teknik tunjukan dan ceritakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMK Negeri 1 Mepanga. Kata kunci: Berbicara, Kelancaran, Ketepatan, Teknik Tunjukkan dan Ceritakan

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up