JudulPENERAPAN TEKNIK MEJA BUNDAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS DELAPAN DI SMP NEGERI 3 AMPANA |
Nama: SITTI ZAHRA MUSLAENI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Sitti Zahra Muslaeni (A 121 15 027). Skripsi ini berjudul: “The Application of Roundtable Technique to Improve Writing Skill of Grade Eight Students at SMP Negeri 3 Ampana.” Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Sriati Usman dan Aminah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan teknik roundtable dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan di SMP Negeri 3 Ampana dalam menulis teks deskriptif. Peneliti menerapkan desain penelitian eksperimental semu yang melibatkan kelompok eksperimen dan kontrol. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan VIII B sebagai kelompok kontrol. Dalam mengumpulkan data, tes dipilih sebagai instrumen. Pretest diberikan di awal penelitian pada kedua kelompok. Setelah itu, hanya kelompok eksperimen yang diajar menggunakan teknik roundtable selama enam pertemuan. Selain itu, posttest diberikan untuk kedua kelompok. Kemudian data dianalisis secara statistik. Nilai rata-rata dari kedua kelompok dalam postes adalah 85,38 untuk kelompok eksperimen dan 59,26 untuk kelompok kontrol. Setelah menganalisis data, ini menunjukkan bahwa nilai hitung (5,03) lebih tinggi daripada nilai tabel (1,694) dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05 dan 32 derajat kebenaran (dk). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Kesimpulannya, penerapan teknik roundtable dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan di SMP Negeri 3 Ampana dalam menulis teks deskriptif. Kata kunci: Menulis, Teks Deskriptif, Teknik Meja Bundar. |