JudulPenerapan Permainan Tebak Kata Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Tujuh Di Mts Alkhairaat Kalukubula. |
Nama: Merlyn Sakina Has Israil |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan permainan tebak kata dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas tujuh di MTs Alkhairaat Kalukubula. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu yang melibatkan kelompok eksperimen dan kontrol. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIID sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes yang diberikan kepada sample sebagai prates dan pascates dalam bentuk tes tertulis. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata dari kedua tes pada kelompok eksperimen secara signifikan meningkat dari 41.54 menjadi 71.19. Sementara itu, skor rata-rata kelompok kontrol meningkat dari 43 menjadi 60.16. Dengan menerapkan derajat kebenaran (dk) 59 dan taraf signifikansi 0.05, ini menunjukkan bahwa nilai hitung t (5.84) lebih tinggi daripada nilai tabel t (2.001) yang mana mengindikasikan bahwa hipotesis penelitian secara tak terbantahkan diterima. Secara singkat, temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan penerapan permainan tebak kata, penguasaan kosa kata siswa dapat ditingkatkan secara signifikan. |