Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
Judul “Menerapkan Strategi Piramida Cerita Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Dalam Teks Naratif Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Palu.”
Nama: INDAH MULATSIH
Tahun: 2019
Abstrak
Indah Mulatsih (2019). Skripsi ini berjudul “Menerapkan Strategi Piramida Cerita untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis dalam Teks Naratif Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Palu.” Di bimbing Oleh Konder Manurung dan Budi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan strategi piramida cerita efektif atau tidak dalam meningkatkan keterampilan menulis teks naratif siswa kelas X di SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dimana sampel terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dipilih dengan teknik pengambilan sampel purposive dimana X MIA 8 terdiri dari 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan X MIA 7 terdiri dari 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan strategi piramida cerita dalam mengajar menulis teks naratif, sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan cara umum sesuai dengan yang diterapkan guru. Teknik pengumpulan data adalah tes tertulis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil dalam prates dan pascates. Skor rata-rata kelompok eksperimen meningkat dari 35,47 menjadi 71,37, sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol meningkat dari 37,70 menjadi 56,75. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0,05 dan 52 derajat kebebasan (df), diketahui bahwa nilai t-hitung adalah 5,82 dan t-tabel adalah 2,008. Nilai t-hitung lebih tinggi dari nilai t-tabel, yang berarti bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penerapan strategi piramida cerita efektif dalam meningkatkan penulisan teks naratif. Kata Kunci: Penerapan, Menulis, Teks Naratif, Strategi Piramida Cerita.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up