Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengajaran Paragraf Deskriptif Dengan Menggunakan Teknik Daftar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Delapan SMP Labschool Untad Palu
Nama: DIANSA FITRI FREDRIK
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Diansa Fitri Fredrik (A 121 15 005). Pengajaran Paragraf Deskriptif dengan Menggunakan Teknik Daftar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Delapan SMP Labschool Untad Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Dibawah bimbingan Hasan Basri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik daftar dalam mengajar paragraf deskriptif meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan SMP Labschool Untad Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Dalam mengumpulkan data, tes dipilih sebagai instrumen. Prates diberikan di awal penelitian pada kedua kelas. Setelah itu, hanya kelas eksperimen yang diajar menggunakan teknik daftar selama enam pertemuan. Selain itu, pascates diberikan untuk kedua kelas. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk kedua tes pada kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 36,27 menjadi 78,43. Sementara itu, skor rata-rata kelas kontrol meningkat dari 37,04 menjadi 52,78. Dengan menerapkan derajat kebenaran (dk) 33 dan tingkat signifikansi 0,05, ini menunjukkan bahwa hitung-t (5,70) lebih tinggi dari tabel-t (2,03), yang menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Secara singkat, hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan teknik daftar dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan SMP Labschool Untad Palu dalam menulis paragrap deskriptif. Kata kunci: Paragrap Deskriptif, Peningkatan, Teknik Daftar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up