JudulPENERAPAN TEKHNIK 4/3/2 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS SEBELAS SMA NEGERI 4 PALU |
Nama: FRANSISKA CAROLES |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Fransiska Caroles (A121 15 003).“Penerapan Tekhnik 4/3/2 dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Sebelas di SMA Negeri 4 Palu”. Program Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, dibimbing oleh Hasan Basri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan teknik 4/3/2 meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan jumlah sampel 61 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposif sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA3 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 31 siswa sedangkan kelas kontrol adalah kelas XI MIPA2 yang terdiri dari 30 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan sedangkan kelas kontrol tidak menerima perlakuan apapun. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes yang dibagi menjadi pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes. Hal ini dapat dilihat pada skor rata-rata dari kedua hasil tes di mana kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 42,34 menjadi 78,23 sedangkan kelas kontrol meningkat dari 45,42 menjadi 61,25. Berdasarkan hasil dari tes, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung adalah 6,42. Dengan menetapkan derajat kebebasan (dk) 59 (31 + 30-2) dan taraf signifikansi 0,05, peneliti menemukan bahwa nilai t-tabel adalah 2,01 yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung (6,42) lebih tinggi daripada nilai t-tabel (2,01). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik 4/3/2 dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas sebelas di SMA Negeri 4 Palu. Kata kunci: Kemampuan Berbicara, Teknik 4/3/2, Kelancaran, Ketepatan. |