JudulThe Implementation Of Three Steps Interview Technique To Improve Speaking Skill Of Grade Eight Students Of SMP Negeri 1 Toribulu ( Penerapan Teknik Wawancara Tiga Langkah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 1 Toribulu ) |
Nama: RAFIKA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRACT Rafika (A 121 14 217). “The Implementation of Three Steps Interview Technique to Improve Speaking Skill of Grade Eight Students of SMP Negeri 1 Toribulu.” Skripsi, English Education Study Program, Language and Art Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Under the supervision of Aminah. This research aims at finding out whether or not the use of Three Steps Interview Technique can improve students’ speaking skill of SMP Negeri 1 Toribulu. The researcher applied pre-experimental research design in which it only involved one single group was given the pre-test, treatment, and post-test. The instruments of data collection are pre-test and post-test. The pretest was used to measure prior knowledge of the students and the posttest was used to measure the development of the students’ speaking skill after the treatment. The ttest formula was used to analyze the significant difference of the group between pre-test and post-test. The result of data analysis shows that the mean score of the group on the post-test (74.17) is higher than the mean score of the group on the pre-test (44.58). then, referring to the ttable value of df 23 (24-1)by applying 0.05 level of significance, the researcher found that the tcounted value of this research (10.16) is higher than the ttable value (1.714). Therefore, it can be concluded that the hypothesis of this research is accepted; in which the use of Three Steps Interview Technique can improve students’ speaking skill of SMP Negeri 1 Toribulu. Keywords: Three Steps Interview Technique, Speaking Skill. ABSTRAK Rafika (A 121 14 217). “Penerapan Teknik Wawancara Tiga Langkah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 1 Toribulu.”.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di bawah Bimingan Aminah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan Teknik Wawancara Tiga Langkah dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMP Negeri 1 Toribulu. Peneliti mengaplikasikan desain pre-eksperimental dimana hanya ada satu kelompok yang diberikan pra-tes, perlakuan, dan pasca- tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pra-tes dan pasca-tes. Pra-tes digunakan untuk mengukur keterampilan awal siswa dan pasca-tes digunakan untuk mengukur perkembangan keterampilan berbicara siswa setelah diberi perlakuan. Rumus ttes digunakan untuk menganalisa perbedaan yang signifikan dari kelompok tunggal atas pra-tes dan pasca-tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok pada pasca-tes (74.17) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok pada pra-tes (44.58). Kemudian, merujuk pada nilai ttabel dari df 23 (24-1) dengan mengaplikasikan 0.05 signifikan level, peneliti menemukan bahwa nilai thitung penelitian ini (10.16) lebih tinggi dari nilai ttabel (1.714). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesa penelitian diterima; di mana penggunaan Teknik Wawancara Tiga Langkah dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Toribulu. Kata kunci: Wawancara Tiga Langkah, Keterampilan Berbicara |