JudulMENINGKATKAN PEMAHAMAN BACA SISWA DI SMA NEGERI 1 SIGI MELALUI METODE MULAI DENGAN MEMBACA EXTENSIF CERITA SEDERHANA |
Nama: DESI SURYANI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan realia untuk menigkatkan kemampuan siswa kelas XI dalam menulis teks prosedur di SMA negeri 6 Sigi. Peneliti menerapkan disain quasi experimental research dan menggunakan tekhnik sampel purposive untuk memilih sampel. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretes dan postes. Pretes digunakan untuk mengukur pengetahuan siswa sementara postes digunakan untuk mengukur perkembangan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima treatmen. T-tes di analisa untuk membandingkan nilai rata-rata antara kedua grup. Ada sebuah perbedaan skor yang signifikan antara grup eksperimen (85.51) dan grup kontrol (66.51). Tingkat signifikan 0.05 dengan derajat kebebasan 56 (df= 29+29-2=56). Hasil analisa data menunjukan bahwa t-hitung (7.54) lebih tinggi dari t-tabel (1.984). Itu berarti bahwa hipotesa diterima. Dengan demikian, untuk menerapkan realia dapat meingkatkan kemampuan siswa kelas XI dalam menulis teks prosedur Kata kunci: Pengaplikasian; Realia; Meningkatkan; Menulis; Teks Prosedur. |