Judul MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALU DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MENULIS BEBAS |
Nama: Rizaldi |
Tahun: 2021 |
Abstrak Tujuan dari melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan dari teknik menulis bebas dapat memperbaiki keterampilan menulis siswa terutama dalam menulis paragraf deskriptif atau tidak. Model penelitian kuasai eksperimental di terapkan dalam penelitian ini. Terdapat dua kelas yang di berikan pre-test dan post-test. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 15 Palu. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan, sampelnya adalah kelas VIIIB sebagai kelas experimental dan VIIIC sebagai kelas kontrol.sample dari penelitian ini di pilih dengan menggunakaan teknik cluster random sampling karna para siswanya homogen. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistika untuk mengetahui perbedaan segnifikan dari pencapaian siswa di pre-test dan post-test. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa t-counted (7,49) lebih besar di bandingkan dengan t-table (2,021) dengan menerapkan 0,05 tingkat makna dan tingkat freedom (of) adalah 40. Kesimpulannya penggunaan menulis bebas dapat memperbaiki keterampilan menulis siswa dalam menulis paragraf deskriptif dari siswa kelas delapan di SMP Negeri 15 Palu Kata kunci: Mengembangan,keterampilan menulis, Paragraf descriptif, menulis bebas.. |