JudulMEMPERBAIKI PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS DELAPAN PADA SMP NEGERI 12 SIGI MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK |
Nama: Nurfathni Ramdani |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nurfathni Ramdani (A 121 14 207). Memperbaiki Pemahaman Bacaan Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 12 Sigi melalui Metode Diskusi Kelompok. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, pembimbing Mawardin M. Said dan Salehuddin Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan metode diskusi kelompok efektif dalam mengajar membaca kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Sigi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Setiap kelas terdiri dari 20 siswa dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes (pretest dan posttest). Data dianalisis secara statistik untuk mengetahui perbedaan signifikan dari prestasi siswa sebelum dan sesudah perawatan. Nilai rata-rata dari pre-test kelas eksperimen adalah 29,6, sedangkan kelas kontrol adalah 32,4. Nilai rata-rata dari post-test kelas eksperimen adalah 67,8, dan kelas kontrol adalah 46,4. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung adalah 7,81. Dengan menerapkan derajat kebebasan (df) 48 dan tingkat signifikansi 0,05, peneliti menemukan bahwa nilai t-tabel adalah 1,687 yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung (7,81) lebih tinggi daripada nilai t-tabel (1,687). ). Ini berarti hipotesis diterima. Dengan kata lain, penggunaan metode diskusi kelompok efektif dalam memperbaiki pemahaman bacaan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Sigi. Istilah Kunci: Meningkatkan, Pemahaman Membaca, Metode Diskusi Kelompok. |