JudulMenggunakan Strategi Teks Penjelasan Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Toili. |
Nama: DARSILA YANTI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Darsila yanti (A 121 14 187). Menggunakan strategi teks penjelasan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas X di SMA Negeri 1 Toili. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Dibimbingan oleh Nadrun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bahwa penggunaan strategi teks penjelasan dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas X di SMA Negeri 1 Toili. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental yang melibatkan dua kelompok siswa sebagai kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimental dengan 30 siswa dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok kontrol dengan 30 siswa, yang dipilih memalui teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes awal dan tes akhir. Tes awal digunakan untuk mengukur pengetahuan awal siswa terhadap pemahaman membaca, dan tes akhir digunakan untuk mengukur peningkatan siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi teks penjelasan. Peneliti menghitung data dan mengetahui bahwa nilai dari t-hitung (17) lebih besar dari nilai t-tabel (2.001). Hal ini menegaskan bahwa hipotesis penelitian diterima. Hal ini menyiratkan bahwa penggunaan strategi teks penjelasan dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas X di SMA Negeri 1 Toili. Kata kunci: Strategi Teks Penjelasan, Meningkatkan, dan Pemahaman Membaca |