JudulMEMPERBAIKI PEMAHAMAN BACAAN SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 20 SIGI MELALUI TEHNIK MEMBACA CEPAT |
Nama: Anggy Saputra |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik skimming dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMPN 20 SIGI. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra eksperimen yang hanya terdiri dari satu kelompok. Populasinya adalah siswa kelas delapan SMPN 20 SIGI. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B. sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah siswa dalam penelitian ini adalah 26 siswa. Instrumen penelitian adalah tes. Tes terdiri dari pre-test dan post-test. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statis untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar siswa pada pre-test dan post-test. Ditemukan skor rata-rata pre-test (46,41) lebih besar dari post-test (68,12). Data menunjukan bahwa t-hitung (22,62) lebih besar dari t-tabel (1,708). Peneliti dapat menyimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penggunaan teknik skimming dalam mengajar Bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas delapan SMPN 20 SIGI dalam membaca pemahaman. |