JudulPENGGUNAAN INTERACTIVE MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENDENGARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALU |
Nama: MOH.FARID |
Tahun: 2022 |
Abstrak MOH.FARIID ( A 121 14 175 ). Skripsi ini berjudul, PENGGUNAAN INTERACTIVE MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENDENGARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PALU, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Senu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, di bawah bimbingan Mukrim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Interactive Multimedia dapat meningkatkan kemampuan pendengaran siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu. Peneliti menggunakan desain penelitian quasi-eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Palu yang berjumlah 214 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel 29 siswa kelas VIII B sebagai experimental grup dan 29 siswa kelas VIII D sebagai control grup. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test tentang mendengarkan. Siswa diberikan beberapa tugas, tugas tersebut terdiri dari 10 pilihan ganda dan 10 benar atau salah. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata dari siswa experimental grup adalah 6.47 dan 3.71 untuk control group Oleh karena itu, nilai t-hitung (2.31) lebih tinggi dari nilai t-tabel (1.98). Hal ini terbukti bahwa hipotesis diterima dimana terdapat perkembangan siswa setelah diberikan perlakuan. Artinya Interactive Multimedia dapat meningkatkan kemampuan pendengaran siswa Istilah Kunci: Peningkatan, Interactive multimedia, Kemampuan pendengaran. MOH. FARID (A 121 14 175). This Skripsi is entitled, THE USE OF INTERACTIVE MULTIMEDIA TO IMPROVE LISTENING SKILL OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 1 PALU Skripsi, Teacher Training, and Education Faculty, Language and Art Education Department, English Education Study Program, under the supervision of Mukrim. This study aims to determine whether or not the use of interactive multimedia can improve listening skill of the eighth grade students of SMP Negeri 1 Palu. The researcher used a quasi-experimental research design. The research population was the eighth grade students of SMP Negeri 1 Palu which consisted of 214 students. The sample was selected by using a purposive sampling technique. The number of the sample was 29 of class VIII B as the experimental group and 29 of class VIII D as the control group. The data were collected through a listening test, consisting of pre-test and post-test about listening. The result of this research showed the mean deviation score of the experimental group was 6.47 and 3.71 for control group. Therefore, the t-counted value (2.31) is higher than the t-table value (1.98). It was proved that the hypothesis is accepted in which there was the development of the students after giving the treatment. It means that the use of Interactive Multimedia can improve students Listening skill. Key Terms: Improving, Interactive Multimedia, Listening Skill |