JudulMENGGUNAKAN CERITA PENDEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA UNTUK SISWA KELAS SEPULUH DI SMA NEGERI 1 SOJOL |
Nama: Dharmayanti |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK DHARMAYANTI (A 121 14 173). Menggunakan Cerita Pendek untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa untuk Siswa Kelas Sepuluh di SMA Negeri 1 Sojol, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Abdul Waris dan Maf’Ulah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan cerita pendek dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas 10 di SMA Negeri 1 Sojol. Peneliti menggunakan desain quasi-experimental yang mana MIA A terdiri 24 siswa sebagai grup eksperimental dan MIA B terdiri 22 siswa sebagai grup kontrol, peneliti menerapkan teknik total sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti memberikan dua jenis tes, yaitu pre-tes dan pos-tes untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis secara statistik untuk mengetahui perbedaan signifikan dari prestasi siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Nilai rata-rata pre-tes dari grup eksperimental adalah 46.66 dan nilai rata-rata pre-tes dari grup kontrol adalah 46.81. Nilai rata-rata pos-tes dari grup eksperimental adalah 70.41 dan nilai rata-rata pos-tes dari grup kontrol adalah 58.63. Dengan menggunakan 0.05 tingkat signifikan dan 46 sebagai derajat kebebasan (df)=46-2=44, peneliti menemukan bahwa nilai t-table ¬¬1.68, yang mana menujukkan bahwa nilai dari t--counted ¬(5.43) lebih tinggi dari nilai t-¬table ¬(1.68). Artinya hipotesis diterima. Dengan kata lain, penggunaan cerita pendek dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 1 sojol. Kata Kunci: Cerita Pendek, Meningkatkan, Kemampuan Membaca |