Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN STRATEGI CERITA PENDEK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 3 PALU
Nama: Dian Nur Sagita
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRACT Dian Nur Sagita (A 121 14 162). JUDUL: “PENGGUNAAN STRATEGI CERITA PENDEK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 3 PALU.” Di bimbing oleh Sudarkam R. Mertosono dan Muhammad Arid. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan bahwa pengaplikasian strategi cerita pendek dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Palu, kelas D dan E. Kelas E di namakan sebagai grup eksperimental dan kelas D sebagai grup kontrol. Perlakuan yang di berikan untuk grup eksperimental menggunakan cerita pendek, sedangkan grup kontrol tidak. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes sebelum dan sesudah perlakuan. Hasilnya menyatakan bahwa nilai rata-rata tes sebelum perlakuan dari kedua grup berbeda. Grup kontrol mendapatkan nilai lebih tinggi yaitu 57,19 sedangkan grup eksperimental yaitu 44,69. Kesimpulan ini menunjukan bahwa siswa di grup eksperimental memiliki masalah dalam pemahaman membaca yang perlu di tingkatkan. Setelah perlakuan, kesimpulan dari kedua grup menunjukan perbedaan yang signifikan. Nilai rata-rata dari grup eksperimental meningkat menjadi 71,80 sedangkan grup kontrol 64,45. Proses perhitungan hasil ini di lanjutkan dengan membandingkan t-counted dan t-table dengan menerapkan level signifikan (df) pada 62 (32+32-2). Kesimpulan ini menunjukan bahwa nilai t-counted adalah 8,70 yang mana lebih tinggi dari pada t-table (1.670). Itu artinya bahwa harapan dari penelitian ini di terima. Kesimpulannya, penggunaan cerita pendek dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. kata kunci: Meningkatkan, Pemahaman Reading, Cerita Pendek

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up