JudulKorelasi Antara Penguasaan Grammar Dengan Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Semester V Universitas Tadulako Palu. |
Nama: MOH. RIZCHALD WALIDAIN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Rizchald Walidain (A 121 14 157). “Korelasi antara Penguasaan Grammar dengan Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Semester V Universitas Tadulako Palu.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, di bawah bimbingan Mochtar Marhum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan grammar dengan keterampilan menulis mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester V Universitas Tadulako Palu. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional. Populasinya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester lima. Sampel terdiri dari 30 siswa yang dipilih dengan teknik convenient sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan rumus Koefisien Korelasi Pearson's-Product Moment dan Significance of Coefficient of Correlation, menggunakan taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan (df) 28 (20-2). Hasil analisis data menunjukkan bahwa t-hitung (3,533) lebih tinggi dari t-tabel (2,048). Artinya ada hubungan yang signifikan antara penguasaan grammar dengan keterampilan menulis mahasiswa pendidikan bahasa Inggris semester V Universitas Tadulako Palu . Kata kunci: Korelasi; Penguasaan Tata Bahasa; Keterampilan Menulis. ABSTRACT Moh. Rizchald Walidain (A 121 14 157). “The Correlation between Grammar Mastery and Writing Skill of the Fifth Semester English Education Study Program Students of Tadulako University Palu.” Skripsi. English Education Study Program, Language and Art Education Department, Teacher Training and Education Faculty, Tadulako University, Under the Supervision of Mochtar Marhum. The objective of this research is to find out the correlation between grammar mastery and writing skill of the fifth semester English Education Study Program students of Tadulako University Palu. This research applied correlational research design. The population was the English Education Study Program students at their fifth semester. The sample consisted of 30 students selected by applying convenient sampling technique. The data were collected by using tests. In analyzing the data, the researcher used Pearson’s-Product Moment Correlation Coefficient and Significance of Coefficient Correlation formula, using 0.05 significant level with 28 (20-2) degree of freedom (df). The result of data analysis shows that the t-counted (3.533) was higher than the t-table (2.048). It means that there is a significant correlation between the grammar mastery and writing skill of the fifth semester English education students of Tadulako University Palu . Keywords: Correlation; Grammar Mastery; Writing Skill. |