JudulKeefektifan Penggunaan Kamus Elektronik Untuk Meningkatkan Pengucapan Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 1 Sindue |
Nama: ZAINUL |
Tahun: 2019 |
Abstrak Zainul (A 121 14 139). "Keefektifan Penggunaan Kamus Elektronik untuk Meningkatkan Pengucapan Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 1 Sindue." Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Di bawah bimbingan Abdul Kamaruddin dan Zarkiani Hasyim. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan dari E-Cambridge Advanced Learner's Dictionary untuk meningkatkan pengucapan siswa. Desain penelitian kuasi eksperimen digunakan dengan mengaplikasikan desain kelompok kontrol tidak setara dan sampel terpilih meliputi 50 siswa di du kelas, di mana kelas VIII Ki Hajar Dewantara dan VIII Hasanuddin sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Selanjutnya, sampel penelitian dipilih melalui teknik pengambilan sampel klaster. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisa secara statistik untuk menemukan pencapaian yang signifikan di antara dua kelompok pada pascates. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan pada siswa kelompok eksperimen setelah pengaplikasian E-CALD. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata kelompok meningkat secara signifikan dari 30.00 ke 79.50. Di sisi lain, nilai rata-rata kelompok kontrol hanya meningkat dari 34.50 pada prates ke 47.33 pada pascates. Lebih jauh, merujuk pada nilai t-tabel df 48 (25+25-2) dengan menerapkan 0.05 tingkat signifikan pada tes saru arah, peneliti menemukan bahwa nilai t-hitung (8.579) lebih tinggi dari nilai t-tabel (1.677); yang menunjukkan diterimanya hipotesis penelitian . Oleh karena itu, menggunakan kamus elektronik bernama E-Cambridge Advanced Learner's Dictionary efektif untuk meningkatkan pengucapan siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Sindue. Kata kunci: Pengucapan, Meningkatkan, E-Cambridge Advanced Learner's Dictionary |