Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMeningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 10 Pada SMAN 8 Palu Melalui Collaborative Strategic Reading
Nama: NELSI AGNES
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nelsi Agnes (A 121 14 133). Skripsi ini berjudul: Meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas sepuluh di SMAN 8 Palu melalui Collaborative Strategic Reading. Dibawah bimbingan Konder Manurung dan Abdul Kamaruddin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan CSR (Collaborative Strategic Reading) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa atau tidak. Peneliti menerapkan nonequivalent control class design dengan memberikan pre-test dan post-test kepada kedua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Total populasi pada penelitian ini adalah 62 siswa. Dalam menentukan sampel penelitian, peneliti menggunakan tehnik pengambilan sampel secara acak untuk menetapkan kelas X IPA1 yang terdiri dari 22 siswa sebagai kelas kontrol dan X IPA1 sebagai kelas ekperimen. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan rumus t-test untuk mendapatkan perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisa data menunjukan bahwa nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah 74,12 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 62,3. Lalu di temukan nilai t-table yaitu 1.68. Sedangkan nilai t-counted adalah 5.71. Nilai t-counted lebih besar daripada t-table. Hal tersebut mengkonfirmasikan bahwa penggunaan CSR dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa SMAN 8 Palu. Data tersebut mengimplikasikan bahwa, penggunaan strategi CSR dalam mengajarkan membaca dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa secara signifikan. Kata kunci: Collaborative Strategic Reading, meningkatkan, kemampuan membaca

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up