JudulMENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS DELAPAN DALAM MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF SEDERHANA MENGGUNAKAN TEKNIK PEMETAAN DI SMP NEGERI 1 BALINGGI |
Nama: GLADIES VERONIKA MARAMIS |
Tahun: 2019 |
Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa menggunakan tektik mind mapping efektip dalam meningkatkan kemampun siswa dalam menulis paragraf deskripsi sederhana pada siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Baliinggi. Desain penelitian yang digunakan adalan pre-experimental Design. Peneliti memilih kelas VIIIB sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah siswa di kelas VIIIB adalah 22 siswa. Dalam menggumpulkan data, peneliti menggunakan pre-test dan post-test. Pre-test digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis paragraph deskripsi sederhana sebelum tritmen, dan post-test digunakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah tritmen. Peneliti menemuukan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 54.5 dan post-test adalah 80.8. dalam mengaplikasikan tingkat signifikan 0.05 dengan degree fredom(df) 29 atau 27-1=26, nilai t-counted (8.8) lebih besar daripada nilai t-table (1.706). itu berarti bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Kesimpulannya , penggunaan teknik mind mapping dapat meninggkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi sederhana pada siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Balinggi. Kata Kunci: Kemampuan Menulis; Teknik Mind Mapping |