Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS DELAPAN DI SMP NEGERI 9 PALU MELALUI TEKNIK MERINGKAS
Nama: CITRA WIDYASTUTI
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Citra Widyastuti, 2019. Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Delapan di SMP Negeri 9 Palu melalui Teknik Meringkas, dibawah bimbingan Nur Sehang Thamrin dan Anjar Kusuma Dewi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik meringkas dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan di SMP Negeri 9 Palu. Peneliti menggunakan desain penelitian quasi experimental. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Palu dan samplenya adalah VIII D ( kelompok experimen) dan VIIIC (kelompok kontrol). Sample dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang secara konsisten dari post-test dan pre-test. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statis. Setelah mengumpulkan data, peneliti menemukan bahwa t-counted (6,24) lebih besar dari t-table (1,67). Dengan menerapkan taraf signifikansi 0,05 dengan 61 degree of freedom (df). Artinya hipotesis diterima. Dengan kata lain, penggunaan teknik meringkas dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Palu. Kata kunci: Peningkatan, Teknik Meringkas, dan Pemahaman membaca

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up