JudulIMPROVING THE STUDENTS’ SKILL TO WRITE PARAGRAPH BY USING FLOW CHART AT THE ELEVENTH GRADE STUDENT OF SMAN 1 BUNTA |
Nama: AHMAD SALSABILA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Ahmad Salsabila (A 121 14 116). Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Paragraf Dengan Menggunakan Flow Chart Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Bunta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di bawah bimbingan Nur Sehang Thamrin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan flow chart untuk menulis paragraf pada siswa kelas XI SMAN 1 Bunta. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen. Sampel penelitian adalah 53 siswa; 25 siswa kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis secara statistik untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Rata-rata skor kelas eksperimen pada pre-test adalah 51,55, sedangkan kelas kontrol adalah 50. Selanjutnya, nilai rata-rata kelompok eksperimen pada post-test adalah 76,44, sedangkan kelompok kontrol adalah 60,71. Selain itu, nilai t-counted adalah 6,09. Dengan menggunakan degree of fredom (df) 40 dan taraf signifikansi 0,05 dengan uji satu arah, menunjukkan bahwa nilai t-table adalah 1,68. Ditemukan bahwa tcaunted lebih tinggi dari t-table. Artinya hipotesis diterima. Dengan kata lain, penggunaan flow chart dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas XI SMAN 1 Bunta. Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan Menulis, flow chart. |