JudulMeningkatkan Prestasi Berbicara Siswa Kelas Delapan SMPN 1 Pamona Selatan Melalui Teknik Chain Story |
Nama: HERMINCE WEROKILA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Hermince Werokila, 2019. Skripsi ini berjudul “Meningkatkan Prestasi Berbicara Siswa Kelas Delapan SMPN 1 Pamona Selatan Melalui Teknik Chain Story”. Dibawah bimbingan Konder Manurung dan Aminah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik rantai cerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Pamona Selatan atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental yang terdapat dua kelompok menerima pre-test dan post-test. Populasi adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Pamona Selatan. Sampel penelitian ini dipilih dengan menerapkan teknik purposive sampling ,kelas delapan B sebagai kelompok eksperimen dan kelas delapan A sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan t-test formula untuk melihat perbedaan nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen untuk pre-test adalah 42.33 dan post-test adalah 79. Sedangkan, nilai rata-rata kelompok control untuk pre-test adalah 51.14 dan post-test adalah 67.42. Selain itu, hal ini juga terbukti melalui nilai t-counted (6.39) yang lebih tinggi dari nilai t-table (1.680) dengan mengunakan level of significance 0.05 dan degree of freedom (df) 45. Jadi hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari keterampilan berbicara pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 4 Palu melalui Teknik Chain Story. Kata kunci: Teknik cerita berantai, kemampuan berbicara, komponen berbicara. |