JudulMENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA KELAS DUA SMP NEGERI 9 PALU MELALUI MODEL PENCAPAIAN KONSEP |
Nama: HERNIATI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Herniati (2019). Skripsi ini berjudul “Meningkatkan Penguasaan Kosakata pada Siswa Kelas Dua SMP Negeri 9 Palu melalui Model Pencapaian Konsep”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Nursehang Thamrin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan metode Concept Attainment Model efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas dua di SMP Negeri 9 Palu. Populasi adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Palu. Peneliti menerapkan desain kuasi-eksperimental. Sampel peneliti adalah VIII G sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 29 siswa dan VIII H sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 29 siswa. Tes diberikan dua kali: pre-test dan post-test. Data dianalisis untuk mengetahui pencapaian yang signifikan dari siswa dalam pre-test dan post-test. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan metode Model Pencapaian Konsep, sedangkan kelompok kontrol diajarkan teks kosa kata tanpa metode tertentu. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes yang diberikan sebagai pre-test dan post-test. Hasil tes menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen adalah 48,80 dari 19,13 pada pretest, dan kelompok kontrol adalah 39,65. dari 21,27 dalam pretest. Skor ini menunjukkan, bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelompok kontrol pada posttest. Dengan menerapkan uji satu sisi pada tingkat signifikansi 0,05 dengan kebebasan 56 derajat (df), ditemukan bahwa nilai t-hitung (2,19) lebih besar dari t-tabel (1,66). Ini menegaskan bahwa hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Model Pencapaian Konsep efektif untuk meningkatkan kosakata siswa kelas dua di SMP Negeri 9 Palu. Kata kunci: Peningkatan, Penguasaan Kosakata, Model Pencapaian Konsep, Metode |