Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN STRATEGI MEMBACA BERPASANGAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS SEPULUH DI SMKN 3 PALU
Nama: AYU PRIHARTINI MAWUNTU
Tahun: 2019
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Strategi Membaca Berpasangan pada keterampilan membaca siswa. Untuk memenuhi tujuan ini, 54 siswa kelas sepuluh dipilih dan secara acak ditugaskan dalam 1 kontrol dan 1 eksperimental. Kemudian, kedua kelompok menjalani jumlah waktu mengajar yang sama (7 sesi) menggunakan Strategi Membaca Berpasangan pada kelas eksperimental dan metode membaca konvensensional pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes yang diberikan berupa pre-test dan post-test. Data dianalisis secara statis untuk mengetahui pencapaian yang signifikan dari siswa dalam pre-test dan post-test. Hasil tes menunjukkan bahwa, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 88,0 dari 52,3 pada pre-test, dan kelas kontrol adalah 75 dari 54,5 pada pre-test. Skor ini menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelas kontrol pada post-test. Dengan menerapkan one-tailed test 0,05 pada tingkat signifikansi dengan 54 degree of freedom (df), ditemukan bahwa nilai t-counted (1,86) lebih besar dari t-table (1,67). Hasil analisis data menunjukkan bahwa Strategi Membaca Berpasangan secara signifikan meningkatkan keterampilan membaca siswa. Guru didorong untuk menggunakan Strategi Membaca Berpasangan untuk meningkatkan keterampilan membaca peserta didik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up