JudulMENGGUNAKAN HYPONYM UNTUK MENINGKATKAN MASTERI VOCABULARY DARI SISWA DELAPAN GRADE SMP NEGERI 6 PALU |
Nama: MEGA SRI WAHYUNI |
Tahun: 2020 |
Abstrak Mega sri wahyuni (A121 14 067). Penggunaan Hiponim dapat Meningkatkan penguasaan kosa kata Siswa Kelas Delapan SMP Negeri 6 Palu. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, dibawah bimbingan Sriati Usman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Hiponim dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas delapan di SMP Negeri 6 Palu atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi-experimental yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 28 siswa dan kelas VIII G sebagai kelas experimental yang terdiri dari 23 siswa. Sampel di pilih menggunakan teknik random sampling. Data penelitian di kumpul melalui test pre-test dan post-test. Perlakuan hanya di berikan kepada kelas eksperimen. Data di analisa secara statistik untuk mengetahui perbedaan signifikan pencapaian siswa dalam pre-test dan post-test. Skor rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 57.35 sedangkan kelas kontrol adalah 59.72. Skor rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 86.9, sedangkan kelas kontrol adalah 62.49. Dengan menggunakan level signifikan 0.05 dan 50 degree of freedom, peneliti menemukan bahwa nilai dari t-counted (2.818) lebih tinggi dari nilai t-table (1.677). Ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan kata lain, penggunaan Hiponim dapat meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas delapan di SMP Negeri 6 Palu. Kata kunci : Hiponim, Meningkatkan, Penguasaan kosa kata. |